Table of Content

5 Langkah Kunci Sukses Penerapan P5

 Bagaimana Kunci Sukses Penerapan P5 ?

Berikut 5 Langkah Sukses Penerapan P5


Berikut 5 Langkah Suskses Penerapan P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  1. Perencanaan jangka waktu yang panjang, dukungan keuangan, dan koordinasi yang baik antara pihak terkait untuk menjaga kesinambungan program.
  2. Pengembangan instrumen evaluasi yang terukur dan sesuai untuk mengevaluasi efektivitas program P5 dalam satuan pendidikan tersebut. Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam mengukur sebuah pencapaian tujuan program dan sekaligus menentukan area yang harus diperbaiki dalam pelaksanaannya. 
  3. Kolaborasi dan kemitraan dengan berbagai pihak, baik itu pihak masyarakat lokal, swasta, atau pemerintah. Dengan adanya kerjasama yang baik, program P5 bisa langsung diterapkan secara efektif dan efisien serta bisa mencapai lebih banyak pemuda dan pelajar di masa yang akan datang.
  4. Partisipasi aktif para pemuda. Para pemuda harus terlibat langsung dalam setiap tahapan pelaksanaan program yang dilakukan, mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Hal ini akan membuat mereka merasa memiliki program dan akan lebih terbuka untuk belajar serta mengembangkan jati diri yang sebenarnya.
  5. Kepemimpinan yang kuat dan visioner. Kepemimpinan yang baik tentunya akan memberikan arah dan tujuan yang sangat jelas, memotivasi para pemuda untuk langsung terlibat dalam program P5, dan sekaligus mengawasinya.
Horas, Ya'ahowu... Salam kenal, saya Onald, Saya mengelolah beberapa blog (Dapat anda lihat di daftar), dan hobby membaca serta menulis, saya menghabiskan waktu di dunia internet, termasuk Youtub…

Post a Comment